Penyebab vertigo

Penyebab Vertigo yang Umum dan Sering Terjadi

Orang-orang memiliki banyak arti ketika mereka mengatakan mereka pusing. Vertigo adalah sensasi pusing yang terkait dengan berputar-putar dalam lingkaran terlalu cepat, atau seolah-olah dunia berputar di sekitar Anda.

Vertigo bisa sangat tidak nyaman dan kadang-kadang menyebabkan mual atau muntah. Akan sulit untuk bangun dari tempat tidur, apalagi berjalan-jalan dan melakukan tugas yang harus kita selesaikan setiap hari.

Sementara sebagian besar penyebab vertigo tidak mengancam jiwa, beberapa diantaranya sangat serius, seperti stroke di bagian belakang otak dekat serebelum. Di sisi lain, banyak jenis vertigo dapat dengan mudah diobati dengan manuver sederhana seperti posisi kepala.

Penyebab vertigoPenyebab Umum

Paling sering, orang yang mengalami vertigo atau pusing akan memiliki salah satu penyebab yang lebih umum.

1. Penyakit Meniere

Telinga bagian dalam mengandung kantung membran yang mengapung di dalam lapisan tipis cairan. Di dalam kantung itu lebih cair tetapi dari jenis yang berbeda. Penyakit Meniere diduga disebabkan oleh ketidakseimbangan antara ruang cairan di dalam kantung dan cairan di luar kantung, dengan terlalu banyak cairan yang terbentuk di dalam. Ini dikenal sebagai hidrops endolymphatic.

Penyakit ini biasanya datang di antara usia 30 dan 50 tahun dan menyebabkan serangan vertigo, gangguan pendengaran, dan dering di telinga. Berbeda dengan BPPV, serangan dapat berlangsung 20 menit hingga beberapa jam setiap kali. Seperti halnya dengan bentuk vertigo lainnya, nystagmus kemungkinan akan hadir.

Serangan dapat bervariasi dari mana saja antara beberapa kali seminggu hingga kurang dari sekali setahun. Setelah 5 hingga 15 tahun, pusing menjadi kurang berat tetapi lebih konstan, dan gangguan pendengaran bisa menjadi permanen, meskipun tuli lengkap di telinga yang terkena jarang terjadi.

Penyakit Meniere dapat didiagnosis oleh dokter tanpa tes tambahan, tetapi audiometri kadang-kadang berguna. Tidak ada pengobatan yang ditemukan untuk menghentikan perubahan progresif di telinga bagian dalam, tetapi obat dapat membantu dengan gejala ketika terjadi.

2. Neuritis vestibular

Gangguan ini berjalan dengan banyak nama lain, termasuk neuronitis vestibular, labyrinthitis, neuro labyrinthitis, dan vestibulopathy perifer akut. Gangguan ini biasanya hilang dengan sendirinya tetapi menyebabkan vertigo yang sangat tidak nyaman untuk sementara. Gangguan ini diduga karena peradangan saraf vestibular diprovokasi oleh virus – meskipun, sebenarnya hanya ada sedikit bukti untuk mendukung teori ini.

Diagnosis neuritis vestibular biasanya dilakukan oleh dokter yang memeriksa Anda dan mengajukan pertanyaan, meskipun pengujian dapat dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lain, seperti stroke. Vertigo dari neuritis vestibular biasanya hilang dalam beberapa hari, tetapi kadang-kadang ada ketidak seimbangan residual ringan yang berlangsung selama berbulan-bulan. Tidak jelas bahwa pengobatan tertentu berguna, meskipun banyak dokter akan meresepkan prednison steroid jangka pendek berdasarkan data jarang yang mendukung praktik.

3. Vestibular Paroxysmia

Kadang-kadang serangan vertigo hanya berlangsung beberapa detik setiap kali tetapi dapat terjadi berkali-kali dalam sehari. Beberapa dokter percaya bahwa ini mungkin karena pembuluh darah menekan saraf kranial kedelapan, yang menyebabkan perasaan vertigo.

Dokter lain mengkritik kurangnya data yang bagus untuk mendukung teori ini. Sebagai contoh, hingga 30 persen orang sehat juga memiliki pembuluh darah yang menghubungi saraf vestibulocochlear, menurut sebuah artikel di Journal of Vestibular Research.

Beberapa telah menyarankan bahwa operasi dapat digunakan untuk menghilangkan tekanan yang ditempatkan pada saraf oleh pembuluh darah, tetapi yang lain telah menemukan bahwa dosis rendah carbamazepine (obat anti-seizure) juga dapat membantu. Mengingat bukti yang tidak pasti untuk pembuluh darah sebagai pelakunya, penggunaan obat adalah perawatan awal yang terbaik.

4. Migren vestibular

Sementara penyebab vertigo sebelumnya mengarah pada apa yang disebut vertigo perifer, yang berarti bahwa vertigo disebabkan oleh sesuatu di luar otak dan batang otak, juga mungkin untuk mendapatkan vertigo dari masalah di dalam otak itu sendiri, yang disebut vertigo “sentral”. Salah satu penyebab paling serius vertigo sentral ini adalah migrain vestibular.

Migren biasanya dianggap memicu sakit kepala, tetapi migrain atipikal sebenarnya dapat menyebabkan hampir semua gejala neurologis sementara, termasuk kelemahan, kesemutan, mati rasa, dan pusing. Sakit kepala, bagaimanapun, secara teknis diperlukan untuk membuat diagnosis migrain vestibular. Gejala lain dari migrain, atau timbulnya vertigo dengan pemicu migrain yang khas, dapat membantu dalam membuat diagnosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *