Alat angkut kuno ini sebagai Bukti Keunikan Indonesia.

Indonesia suatu negara yang tak ternilai keberagaman dan kekayaan budaya nya, beranjak oleh jenis tari, adat istiadat, lagu-lagu khaswilayah, kuliner, spot hiburan, dan tidak hanya alat transportasi di Indonesia. setiap elemen mempunyai ciri khas nya sendiri-sendiri dan benar-benar merupakan asli oleh Indonesia. Alat angkut lama dan khas Indonesia benar-benar bukan sebagus dan sehebat alat transportasi di luar negeri, namun harkat yang sangat berharga dan esensial lantaran meramaikan dan memperbanyak peninggalan budaya Indonesia. Begitu khasnya alat transportasi kuno ini ramai dijadikan barang-barang hiasan dan tiruan untuk mempercantik ruangan atau untuk koleksi para wisata pribumi atau mancanegara.

Delman

Alat transportasi lama original Indonesia yang telah banyak dikenal yaitu delman nih, Pemirsa. telah jelas kamu semua tahu kan gimana model delman? Khusus yang belum tahu, delman itu adalah kereta yang terdiri oleh kayu, dengan dua ban, tiga ban atau empat roda yang ada di samping kiri dan kanan nya , dan seekor kuda yang menjadi alat pendorong nya. Delman ini sebenarnya amat persis dengan kendaraan emas, hanya saja pertidaksamaan, penumpang dari delman ini bersandar saling hadap. Ciri khas lain oleh delman yaitu panggilannya. jelas Pemirsa yang sudah tahu pergi ke wilayah Bandung atau Yogyakarta mengerti perbedaannya. Iya, sebutan delman di berbagai wilayah itu berbeda, di Bandung disebut sado, di Yogyakarta dikenal andong, di Lombok dikenal cidomo dan di Padang disebut bendi.

Becak

Becak merupakan alat transportasi lama yang mengadopsi sumber daya orang. Bentuk dari becak nyaris sama dengan sepeda, namun becak memiliki tiga ban, yaitu dua roda di depan dan satu ban di belakang. joki becak duduk di belakang atau disamping dan becak dapat menampung 2 (dua) orang pendompleng. Becak ini memang punya pro dan kontra nih, Pemirsa, di kalangan kelompok Indonesia. kawasan dengan jumlah pengangguran yang selangit akan dengan mudah sebagai pengemudi becak dan semakin banyak becak yang ada, lalu lintas di jalan akan semakin ruet lantaran memang laju dari becak termasuk lamban dan bukan secepat transportasi bermotor layaknya motor dan mobil. Namun, becak punya keunggulan lantaran bukan menyebabkan atau mengeluarkan polusi udara, bukan mempunyai suara bising dan dapat menarik wan mancanegara.

Sepeda Onthel

Sepeda onthel yaitu alat transportasi bersama memakai tenaga orang. Dulu terdapat tahun 1970-an, sepeda onthel yaitu transportasi umum yang sering dipakai oleh penduduk Indonesia, tapi seiring dengan perkembangan jaman sepeda onthel mulai digantikan dengan transportasi bermotor. Keberadaan sepeda onthel sebetulnya tidak 100% hilang, karena selain adanya ojek sepeda memakai sepeda onthel, ada ramai juga komunitas pecinta sepeda onthel yang meramaikan kembali kehidupan sepeda onthel.

Klotok

bertempat bersama angkut di Pulau Jawa dan Sumatera yang memakai alat transportasi darat, di Kalimantan Tengah, masyarakat di sana harus memakai perahu klotok buat alat transportasi. Perahu klotok adalah transportasi sungai yang terbuat oleh kayu dan memakai sumber daya alat solar yang bisa menampung kurang lebih 5 sampai 30 orang tergantung besar kecilnya perahu klotok itu sendiri. Perahu ini mengeluarkan suara “tok tok tok” yang membuat nama dari perahu ini menjadi perahu klotok. bukan hanya terdapat di Kalimantan Tengah, namun klotok memang banyak ditemukan di Pulau Kalimantan.

Bentor

Alat transportasi lain yang juga khas Indonesia merupakan bentor. Bentor adalah singkatan oleh becak motor, pertidaksamaan jika becak original mengadopsi sumber daya orang untuk menjalankan becak, bentor mengadopsi sumber daya alat sehingga pengemudi bukan perlu menggoes sepeda/becak itu sendiri. Sumatera Utara yaitu salah satu baikvinsi yang begitu terkenal dan masih menggunakan angkut bentor, tapi ternyata bukan hanya di Sumatera Utara namun bentor pun terdapat di Gorontalo dan juga pemukiman di Makassar. Pengemudi bentor di Sumatera Utara berada di samping bentor atau stay di samping pendompleng, kalau di Pulau Sulawesi pengemudi bentor berada di belakang sama seperti becak kuno yang bukan mengadopsi mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.