Awet Muda Memang Impian, Coba Tips Ini!

Awet muda merupakan impian semua orang. Walaupun umur telah tua, banyak bintang film yang masih tampak muda, seperti Sophia Latjuba dan Yuni Sarah. Kedua bintang ini mempunyai paras dan perawakan yang jauh lebih muda dari umurnya.
Anda tentu ingin terlihat muda seperti mereka bukan?
Tersedia delapan tips untuk memperolehnya. Mulai dari yang natural sampai yang memanfaatkan obat-obatan.
Di bawah ini adalah tips agar awet muda yang bisa Anda coba:

Senyum dan Bahagia


Senyum dan tertawa pasti akan memunculkan perasaan bahagia. Apabila sudah bahagia maka kekebalan tubuh akan terjaga. Secara ilmu kedokteran, ketika seseorang senyum dan ceria maka terjadi perubahan pada tubuh, yaitu pembentukan zat endorfin. Zat itulah yang dapat menurunkan stres.

Riset lain menyatakan bahwa wajah yang banyak cemberut akan lebih cepat keriput. Maka senyum dan ceria adalah pencegahnya.

Banyak Minum Vitamin C dan A

Vitamin A dan C sangat berguna untuk kesehatan kulit. Vitamin A bermanfaat sebagai antioksidan pelindung kulit dari tekanan oksidatif. Sedangkan vitamin C fungsinya ialah merangsang kulit menciptakan lebih banyak kolagen. Kolagen mempunyai fungsi penting dalam merawat kulit dan menahan penuaan. Selain itu kolagen juga memiliki banyak kegunaan lain bagi kesehatan badan, diantaranya: meningkatkan masa otot, mengurangi nyeri sendi, dan mendukung kesehatan jantung.

Maka nggak ada ruginya banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan A.

Olah Raga Secara Rutin

Olah raga teratur bisa menurunkan resiko sakit jantung serta kanker. Selain itu olah raga pun mampu memperbaiki kualitas tidur, menjadikan aliran darah lebih stabil, menghindarkan stres serta membuat kulit & tulang lebih awet muda.

The Department Health and Human Services merekomendasikan untuk olah raga kurang lebih 2,5 jam sepekan. Bentuk olah raga yang disarankan adalah jogging, bersepeda, menari, berenang, dan jalan kaki.

Terapkan Pola Makan Sehat


Cara awet muda berikutnya ialah menjaga kebiasaan makan sehat. Kebiasaan makan sehat adalah kunci utama melindungi organ-organ tubuh vital agar senantiasa sehat.

The Dietary Guidelines for Americans sangat menghimbau konsumsi banyak sayur-sayuran, protein tanpa lemak, dan makanan-makanan olahan susu. Bagi Anda yang doyan asin, dari sekarang lebih baik dibatasi demi menjaga kesetabilan darah.

Kurangi makanan serta minuman berpengawet atau banyak kandungan MSG.

Hindari Rokok & Alkohol

Banyak riset yang telah mengatakan bahwa rokok dan alkohol mengakibatkan penuaan dini. Selain itu rokok dan alkohol juga bisa meningkatkan resiko terjangkit serangan penyakit-penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan paru-paru.

Dilansir dari mesia kesehatan terkemuka webmd.com bahwa terdapat banyak dampak rokok yang secara pasti bisa mempengaruhi tampilan fisik. Yaitu warna kulit yang cepat kusam dan pucat karena kehilangan oksigen dan nutrisinya, kemudian kulit mengendur karena zat kimia yang terdapat dalam pembakaran tembakau merusak kalogen.

Kemudian terdapat garis-garis lurus di sekitar bibir yang tidak dirasakan oleh bukan perokok, timbulnya noda hitam pada wajah, kerusakan di gigi dan penyakit mata semacam katarak dan seterusnya.

Tidur Cukup dan Berkualitas


Tidur yang optimal ialah cukup dan berkualitas. Jika kurang tidur, atau tidur kurang berkualitas maka dapat menimbulkan stres, sulit konsentrasi & kulit menjadi kusam. Meski tidur sudah lumayan lama tapi tak berkualitas maka akan menyebabkan resiko yang sama.

Tidur terlalu lama juga tak baik, resikonya bisa menyebabkan obesitas, dan terkena bermacam macam penyakit. Maka yang perlu diperhatikan ialah tidurlah sesuai kebutuhan badan Anda. Umumnya bagi orang dewasa adalah tidur 6-8 jam sehari.

Minum Air dalam Jumlah yang Cukup

Air pasti dibutuhkan organ vital manusia, seperti ginjal dan jantung. Saat kebutuhan air tercukupi maka aktivitas otak menjadi maksimal. Selain itu, kulit juga butuh banyak air. Minum banyak air mampu menyebabkan kulit tetap muda dan terawat.

Hal itu sesuai dengan pendapan artis terkenal Cut Sarra yang menjaga dirinya tetap muda dengan konsumsi air putih. Ungkapnya, itu merupakan perawatan tubuh yang sangat murah & semua orang mampu menjalaninya.

Menjaga Pikiran Supaya Selalu Positif

Pikiran positif nggak hanya mempengaruhi mood dan psikologis, tapi juga kesehatan. Orang yang senantiasa berpikir positif, maka akan mempunyai mimpi. Dengan begitu ia mendapatkan kebahagiaan.

Tapi tak mudah buat selalu positif thinking. Seringkali ada saja sebab yang membuat kita was-was, cemas, dan ketakutan. Oleh karena itu Anda musti berada di lingkungan yang positif, teman-teman yang selalu berpikir positif & pola hidup yang optimis.

Misalnya mengenai selera film, Anda harus selalu memperhatikan film apa saja yang bisa menumbuhkan semangat dan optimisme. Tak berguna menonton film yang Cuma bikin melo. Lalu Anda juga selayaknya membaca bacaan yang baik, dan menyemangati. Seperti puisi cinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.