Ini Tekanan Darah yang Normal

Kejadian dimana kekuatan jantung memompa darah keseluruh tubuh dengan normal supaya kerja tubuh bisa maksimal, lantas bagaimana tekanan darah dapat menjadi normal. Berapa ukuran tekanan darah normal seseorang yang benar.

Tekanan Darah Normal

Studi kasus mengatakan semakin rendah tekanan darah seseorang, maka seseorang tersebut semakin sehat namun bukan berarti juga tekanan darah yang rendah atau terendah itu malah baik

Karena hal tersebut malah akan menyebabkan Anda mengalami hipotensi tekanan darah rendah, dan sama saja itu bukan tekanan darah normal.

Tekanan darah normal pada orang dewasa harus memiliki ukuran antara 120/80 mm Hg. Mengapa karena angka 120 dalam orang dewasa menunjukkan tingkat tekanan yang baik, sebab jantung terus memompa darah keseluruh tubuh yang disebut dengan tekanan sistolik.

Lalu /80 artinya keadaan jantung sedang beristirahat sejenak sebelum akhirnya jantung kembali mempompa lagi, yaitu yang biasa disebut dengan tekanan diastolik, tekanan yang dianggap normal karena ukurannya yang masih dibawah 140/90 mm Hg.

Tapi angka itu belumlah mutlak, sebab tekanan darah normal, masih bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik, gaya hidup yang kita jalani dan juga tingkat keadaan emosional.

Maka dari itu kita tidak usah terlalu panik, ketika menemukan tekanan darah yang muncul berbeda dari yang awal kita ketahui, asal tekanan jumlahnya tidaklah sangat tinggi atau malah sangat rendah dalam jangka waktu yang lama.

Tensi Darah Normal

Pertanyaannya bagaimana supaya tekanan darah seseorang dapat diketahui? Jawabanya jelas Anda memperlukan  bantuan dokter, kenapa tentu saja untuk memeriksakan tensi darah Anda. Berikut diatas adalah tabel gambar mengenai tensi darah normal.

Jika Anda seseorang yang belum pernah jarang atau tidak pernah memeriksa tekanan darah normal, oleh dokter atau petugas kesehatan, maka mereka para dokter akan memberitahu kita bagaimana hasil tekanan darah tersebut.

Untuk memudahkan dalam mengingat sekaligus agar kita tahu itu interpretasi hasil pemeriksaan yang akan keluar, terlebih dahulu Anda sebaiknya mengetahui berapakah tensi darah normal, rendah, dan tinggi.

Disini kita bisa mengetahui apa saja faktor-faktor, yang dapat mempengaruhi tensi darah normal seseorang mulai dari.

  • Umur
  • Aktifitas
  • Lemak dalam darah
  • Kesehatan jantung
  • Psikis
  • Dll

Setiap tekanan darah pada usia tertentu jelas berbeda tidak sama atau tidak bisa disamakan karena normalnya tensi darah normal adalah 140 per 90.

Namun sebenarnya tekanan darah haruslah memiliki ukuran individu berbeda masing-masing, berdasarkan usia.

Catatan:

Cara terbaik dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi adalah dengan memperhatikan asupan makan yang masuk dalam tubuh dan juga aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, serta selalu sebaik mungkin mematuhi aturan yang telah diberikan oleh dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.