Biografi John Tyler sebagai politikus dan presiden Amerika Serikat 

John Tyler (29 Maret 1790 – 18 Januari 1862) adalah presiden Amerika Serikat kesepuluh dari tahun 1841 hingga 1845 setelah secara singkat menjadi wakil presiden. Biografi John Tyler  menunjukkan ia menjadi kepresidenan setelah kematian Harrison pada April 1841.

Dengan kematian Presiden Harrison setelah hanya satu bulan di kantor, Tyler menjadi wakil presiden pertama yang berhasil menjadi presiden tanpa pemilihan. Dia melayani lebih lama daripada presiden mana pun dalam sejarah Amerika Serikat yang tidak terpilih untuk jabatan itu.

Kehidupan dan Karir Awal

Image Source: whitehouse.gov

Berdasarkan biografi John Tyler, dia pada 29 Maret 1790; seperti calon wakil presidennya, William Henry Harrison, Tyler berasal dari Charles City County, Virginia dan diturunkan dari keluarga leluhur Inggris yang aristokrat dan bercokol secara politis.

Dengan dua saudara laki-laki dan lima saudara perempuan, Tyler dibesarkan di Greenway Plantation, sebuah lahan seluas 1.200 hektar dengan rumah bangsawan enam kamar yang dibangun oleh ayahnya. Empat puluh budak Tylers menanam berbagai tanaman, termasuk gandum, jagung dan tembakau.

Tyler memulai praktik di Richmond, ibukota negara bagian. Pada 1813 ia membeli perkebunan Woodburn, dan tinggal di sana sampai 1821.

Politik

Pada 1811, usia 21, Tyler terpilih untuk mewakili Charles City County di House of Delegates. Dia menjalani lima masa hukuman satu tahun berturut-turut dan duduk di komite Pengadilan dan Keadilan. Posisi menentukan politisi muda itu dipamerkan pada akhir masa jabatan pertamanya pada tahun 1816

Tyler mencari pemilihan ke House of Delegates pada tahun 1823. Tidak ada anggota dari Charles City County yang mencari pemilihan kembali, dan Tyler terpilih dengan mudah pada bulan April itu, menyelesaikan pertama di antara tiga kandidat yang mencari dua kursi.

Presiden Amerika Serikat

Biografi John Tyler  mencatat dia maju menjadi kandidat wakil presiden di tahun 1841. Ia akhir bisa memenangkan pemilihan umum dan menempatkannya sebagai wakil presiden kesepuluh Amerika Serikat. Ia lalu menjadi presiden setelah Presiden Harrison meninggal dunia.

 

Whig di Dewan Perwakilan Rakyat memprakarsai proses impeachment. Keinginan buruk kongres terhadap Tyler berasal dari dasar veto-veto-nya.Tindakan Tyler bertentangan dengan anggapan otoritas Kongres untuk membuat kebijakan. Beberapa bidang yang menjadi tugas kerja Presiden Typer adalah:

  • Tarif perdagangan
  • Aneksasi Texas
  • Militer dan hubungan luar negeri

Keluarga dan kehidupan pribadi

Tyler memiliki banyak anak. Istri pertamanya adalah Letitia Christian (12 November 1790 – 10 September 1842), dengan siapa ia memiliki delapan anak: Mary (1815-1847), Robert (1816-1877), John (1819–1896), Letitia, Elizabeth (1823–1850), Anne (1825–1825), Alice, dan Tazewell.

Tyler adalah pemilik budak, pada satu titik menyimpan empat puluh budak di Greenway. Tyler menganggap perbudakan sebagai bagian dari hak negara, dan karenanya pemerintah federal tidak memiliki wewenang untuk menghapusnya.

Sepanjang hidup Tyler, ia menderita kesehatan yang buruk. Seiring bertambahnya usia, ia lebih sering menderita pilek selama musim dingin. Tyler dimakamkan di Pemakaman Hollywood di Richmond, Virginia, dekat makam mantan Presiden James Monroe.

Era Setelah Kepresidenan

Beberapa sarjana dalam memuji kebijakan luar negeri Tyler. Monroe memuji dia dengan prestasi seperti perjanjian Webster-Ashburton yang menggembar-gemborkan prospek peningkatan hubungan dengan Inggris, dan pencaplokan Texas.

Meskipun tidak terpilih menjadi presiden secara langsung, Tyler banyak melakukan perubahan. Biografi John Tyler mencatat bagaimana ia berusaha menjaga keutuhan Amerika Serikat, terutama perbudakan.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.