ac kompresor

Kompresor AC : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Merawat

AC merupakan singkatan dari Air Conditioner yang berfungsi untuk menyejukkan udara dalam sebuah ruangan. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bentuk fisik AC, tapi pernahkah Anda melihat komponen di dalamnya? Ada banyak komponen di dalam alat elektronik ini termasuk kompresor AC.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara lebih detail mengenai kompresor, fungsi dan cara kerjanya, serta kerusakan yang paling sering terjadi. Sebaiknya Anda menambah pengetahuan tentang alat tersebut agar bisa mendeteksi apabila AC di rumah mengalami kerusakan.

Pengertian dan Fungsi Kompresor AC

Kompresor adalah komponen yang harus ada dalam sebuah AC. Tanpa komponen tersebut, penyejuk ruangan tak bisa menjalankan fungsinya. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang ‘nyawa’ AC ini.

Fungsi kompresor AC adalah menarik masuk ulang freon dari evaporator dan melakukan penekanan terhadap uap tersebut. Uap freon yang mengalami kompresi akan mengalami peningkatan suhu serta tekanan.

Fungsi kompresor tak sampai di situ saja. Selanjutnya freon atau refrigeran akan disalurkan ke seluruh komponen AC dengan daya tekan dari kompresor.

Kompresor pada AC bekerja dengan dukungan dari komponen lain. Setidaknya ada 5 komponen penting lainnya dalam sebuah mesin pendingin yang memiliki peran masing-masing:

1. Kondensor

serviceacjogja.pro

Kondensor adalah perangkat outdoor dari sebuah AC, berbentuk tabung besar dan memiliki baling-baling di dalamnya. Kondensor berfungsi untuk menurunkan suhu uap refrigeran bertekanan tinggi yang berasal dari kompresor. Kondensor mengubah wujud uap dari gas menjadi cair bertekanan tinggi.

2. Strainer

en.wikipedia.org

Strainer adalah saringan untuk membersihkan refrigeran dari benda-benda asing agar tak masuk ke dalam sistem AC. Tanpa strainer, benda asing yang masuk ke AC bisa mengakibatkan penyumbatan dan membuat AC menjadi rusak.

3. Evaporator

tokopedia.com

Evaporator berfungsi sebagai penyedot udara di dalam ruangan melalui kumparan pendingin. Udara dalam sebuah ruangan diserap oleh komponen ini melalui pipa kapiler yang berukuran sangat kecil.

Setelah itu, udara yang telah diserap tadi ditukar dengan udara yang lebih dingin dari dalam AC. Proses inilah yang membuat AC mengeluarkan udara dingin. Kinerja evaporator di bagian ini dibantu oleh blower yang ada di perangkat indoor.

4. Termostat

shopee.co.id

Termostat memiliki kegunaan untuk menyesuaikan perubahan suhu ruangan sesuai dengan setingan pengguna. Selain itu, termostat juga berfungsi untuk menjaga stabilitas mesin meskipun temperaturnya telah menyentuh 90 derajat Celsius.

5. Fan/Kipas

doktermobil.com

Kipas ini merupakan bagian dari evaporator yang memiliki fungsi untuk meniupkan udara sejuk ke dalam ruangan.

Jenis Kompresor AC Split

Di dunia industri AC, terdapat dua jenis kompresor yang digunakan, yaitu jenis torak dan rotary.

1. Kompresor Torak

alibaba.com

Kompresor jenis ini menggunakan torak atau piston yang bergerak maju dan mundur di dalam silinder untuk menghisap dan menyalurkan uap refrigeran. Kompresor piston pun masih terbagi lagi menjadi 5 macam antara lain:

  1. Torak bergerak tegak lurus
  2. Torak bergerak memanjang
  3. Torak bergerak aksial
  4. Torak bergerak radial
  5. Torak bergerak menyudut

2. Kompresor Rotary

kandasc.com

Jenis kompresor kedua yang sering digunakan pada industri AC adalah rotary. Namun kompresor jenis ini hanya efektif bila digunakan pada AC berukuran kecil. Berbeda dengan sistem torak yang bergerak maju mundur, sistem rotary bergerak memutar.

Di dalam stator terdapat rotor yang memiliki dua baling-baling. Ketika pintu masuk terbuka, uap refrigeran dihisap sampai pintu tertutup kembali. Selanjutnya langkah tekan terjadi ketika pintu tersebut telah tertutup hingga terbukanya katup pengeluaran. Proses ini berulang terus menerus.

Keunggulan kompresor rotary:

  1. Momen putar lebih merata karena langkah isap dan tekan terjadi dalam waktu yang bersamaan dan langkah isap dapat dihasilkan pada setiap putaran.
  2. Lebih menghemat tempat karena ukuran kompresor rotary bisa diperkecil.

Kelemahan menggunakan kompresor rotary:

Tidak efektif jika digunakan dalam ac berukuran besar. Kompresor rotary membutuhkan stator yang berukuran besar apabila diaplikasikan pada AC besar. Hal ini disebabkan oleh baling-baling rotor tidak memiliki kemampuan untuk mengantisipasi gesekan dengan baik.

Cara Kerja Kompresor AC

Kompresor dan refrigeran pada AC berfungsi layaknya jantung dan darah pada manusia. Refrigeran bertugas untuk menyerap udara di dalam ruangan dan membuatnya menjadi lebih dingin. Sedangkan kompresor berguna untuk mengedarkan refrigeran ke seluruh komponen AC.

Penasaran bagaimana cara kerja secara lebih lengkap dan jelas? Ini dia penjelasannya.

1. Langkah Pertama

Pertama, kompresor akan menekan refrigeran atau freon dari kondensor yang ada di luar ruangan ke komponen dalam ruangan yaitu evaporator. Dalam langkah pertama ini, freon masih berupa cairan dingin. Tugasnya adalah mengisap udara panas di dalam ruangan.

Refrigeran cair lama-kelamaan akan berubah wujud dari cair menjadi gas atau uap karena menerima udara panas secara terus-menerus. Uap refrigeran yang panas akan terus berkumpul hingga mencapai batas maksimal. Selanjutnya uap bergerak menuju kompresor karena terisap.

2. Langkah Kedua

Saat uap refrigeran masuk ke dalam evaporator, kompresor akan melakukan fungsi isap untuk menarik seluruh uap tersebut. Kemudian kompresor melakukan penekanan untuk menaikkan suhu uap refrigeran menjadi sangat panas.

Uap yang sangat panas ini akan berpindah menuju ruangan yang memiliki suhu lebih dingin secara alami. Karena perpindahan tersebut, uap panas lama-kelamaan menjadi dingin dan berubah wujud menjadi cari kembali.

3. Langkah Ketiga

Di langkah ketiga atau terakhir, kompresor akan menyebarkan seluruh refrigeran yang telah dingin ke seluruh komponen ac. Refrigeran kembali melakukan fungsi untuk menyerap udara panas dari dalam ruangan.

Langkah pertama hingga ketiga terjadi terus-menerus untuk menghasilkan udara yang sejuk di dalam ruangan. Kecepatan untuk mengubah suhu ruangan berbeda-beda pada setiap AC tergantung kapasitas pendingin serta tingkat efisiensinya.

Ciri Kompresor AC Lemah

Lemahnya kompresor pada AC bisa terjadi karena kerusakan maupun usia yang sudah tua. Kondisi kompresor mesin pendingin yang lemah juga menunjukkan beberapa gejala.

1. Fungsi Mendinginkan Ruangan Tidak Maksimal

 

Apabila Anda sudah menyalakan AC namun ruangan tak kunjung dingin, mungkin AC Anda bermasalah. Penyebab AC tidak dingin maksimal antara lain kekurangan freon, filter AC kotor, dan juga kompresor yang sudah lemah.

Lemahnya kompresor membuat tekanan yang dihasilkan tidak sekuat saat keadaan normal. Kompresor tak mampu melakukan fungsinya dengan baik sehingga pendinginan menjadi terganggu.

Cara mengetahui atau memastikan bahwa kompresor memang lemah adalah dengan meraba ke bagian evaporator. Jika dinginnya tidak tersebar merata, kemungkinan besar kompresor sudah lemah.

AC yang tidak dingin juga bisa diakibatkan oleh lemahnya pres kompresor. Gejalanya adalah terjadi aliran arus listrik yang berlebih namun tekanan refrigeran dalam kondisi yang baik.

Pres kompresor yang lemah bisa diatasi dengan metode kuras freon. Caranya yaitu membuang seluruh freon yang masih tersisa dari AC. Setelah itu, AC divakum dan dilakukan pengisian freon kembali.

Apabila Anda sudah menguras freon namun tak membuahkan hasil, cobalah untuk mengganti oli AC. Oli di sini berfungsi sebagai pelumas agar komponen AC tidak saling bergesek dan aus. Cara mengganti oli pada ac cukup mudah, buang oli lama lalu masukkan oli yang baru.

Selain mengganti oli, Anda alternatif lain untuk mengatasi masalah ini yaitu mengganti kapasitor. Anda disarankan untuk mengganti kapasitor dengan angka yang lebih besar. Misalnya saat ini Anda memakai ukuran 20 uf, sebaiknya ganti ke ukuran 25 uf.

2. Berisik

Ciri ketiga yang menujukan bahwa kompresor pada AC telah lemah adalah munculnya suara berisik. Suara ini terkadang tidak begitu jelas terdengar sehingga Anda harus jeli.

Suara berisik ini biasa terjadi pada AC yang memiliki kompresor model piston atau torak. Torak yang kekurangan pelumas bisa menjadi aus dan berbunyi berisik. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda bisa menambah oli maupun menggantinya dengan yang baru.

3. Kompresor Mudah Panas

nadeemservice.pk

Gejala terakhir yang menunjukkan bahwa kompresor pada AC sudah lemah adalah mudah panas. Bahkan kompresor bisa sangat panas meskipun AC baru dinyalakan. Penyebab utama naiknya suhu kompresor secara drastis adalah kekurangan oli.

Sebaiknya Anda segera melakukan penambahan atau penggantian oli agar kerusakan tak semakin parah.

Ciri-Ciri Kompresor AC Split Kurang Oli

AC yang mengalami kekurangan oli pada kompresor bisa menyebabkan berbagai macam kerusakan. Sebab oli berfungsi sebagai pelumas sekaligus pendingin. Tanpa pelumas dan pendingin, komponen di dalam kompresor bisa cepat panas dan aus. Hal ini dapat berdampak pada kerusakan permanen.

Ciri-ciri di bawah ini ditunjukkan oleh kompresor pada AC yang kekurangan oli atau pelumas:

  • AC menjadi kurang dingin padahal suhu sudah diatur ke angka yang paling kecil.
  • Kipas pada kondensor tetap berputar namun kompresor menjadi panas, bahkan mati dengan sendirinya.
  • Kompresor mengeluarkan suara atau bunyi yang aneh dan berisik.
  • AC hanya menghasilkan air pembuangan dalam jumlah yang sedikit, bahkan tidak ada sama sekali.
  • Freon terbuang bersama dengan oli karena kebocoran saluran komponen di dalam AC. Oli yang selalu terbuang mengakibatkan jumlahnya berkurang, bahkan habis.

Cara mengetahui kompresor AC rusak adalah dengan mencocokkan ciri-ciri di atas dengan AC di rumah Anda. Jika terjadi kerusakan, Anda bisa memperbaikinya. Namun lebih baik Anda menggunakan jasa teknisi dari jasa service AC Cilacap yang lebih ahli.

Penyebab Kompresor AC Rusak

Kerusakan pada kompresor mesin pendingin umumnya disebabkan oleh 7 hal di bawah ini.

1. Kelebihan Beban

alamy.com

Kompresor memiliki batas maksimal beban yang dapat dipompa. Apabila jumlah uap refrigeran terlalu banyak dan melebihi kapasitas, kompresor akan berhenti memompa.

Beban yang berlebih membuat putaran rotor menjadi lebih pelan dan bisa berhenti. Jika ada arus listrik yang sangat tinggi, kumparan bisa terbakar dan membuat kompresor AC mati.

2. Kehabisan Oli

justdial.com

Kompresor yang rusak juga bisa disebabkan oleh oli atau pelumas yang habis. Saluran refrigeran pada sistem AC yang bocor membuat oli rembes dan habis bila dibiarkan tanpa penanganan.

Mesin AC dan kompresor yang bekerja tanpa bantuan pelumas dapat membuatnya overheat atau mengalami panas berlebihan. Panas yang terlalu tinggi bisa berakibat fatal seperti terbakarnya kumparan.

3. Arus dan Tegangan

lecceprima.lt

Arus dan tegangan sangat menentukan kerusakan yang terjadi pada kompresor, walau pun kompresor baru kalau arus dan tegangan tidak sesuai dapat mengakibatkan kerusakan, sebab kumparan motor sangat peka dengan arus dan tegangan.

4. Kapasitor Mati

123rf.com

Kapasitor berguna untuk menyimpan arus dan tegangan listrik. Kapasitor berperan sangat penting pada kinerja motor dalam rangkaian listrik AC. Apabila kapasitor tidak berfungsi atau mati maka motor juga berhenti bekerja.

Secara otomatis, rotor tidak dapat berputar dan menjalankan fungsinya. Jika dibiarkan, lilitan pada rangkaian listrik bisa terbakar akibat korsleting.

Umumnya, AC yang menggunakan kapasitor adalah AC dengan kapasitas di atas 1 PK. Sedangkan untuk kapasitas di bawahnya menggunakan PTC.

5. Penyumbatan

familyhandyman.com

Pipa refrigeran bisa mengalami penyumbatan akibat menumpuknya material seperti oli dan freon yang bocor. Jadi, kebocoran pada pipa yang mengakibatkan penyumbatan.

Apa yang terjadi jika terjadi penyumbatan? Kompresor bekerja lebih keras dari biasanya dan membuat tekanan menjadi sangat tinggi. Sedangkan tekanan pada pipa isap turun drastis. Beban kompresor menjadi berkali-kali lipat akibat hal ini. Jika terjadi secara terus menerus, kompresor bisa overload dan mati.

6. Salah Pengisian

acdelco.com

Anda tak bisa menggunakan refrigeran dan oli kompresor sembarangan. Sebaiknya Anda menggunakan merek yang direkomendasikan oleh produsen AC.

Apabila terjadi kesalahan dalam pengisian refrigeran dan pelumas, akibatnya akan sangat fatal. Komponen AC tak dapat bekerja dengan baik apabila tidak cocok dengan pelumas serta freon. Komponen akan rusak dan tak bisa diperbaiki, sehingga harus diganti.

7. Aus dan Karat

Komponen yang aus disebabkan oleh gesekan antar komponen selama AC hidup. Sedangkan karat terjadi akibat oksidasi, yaitu reaksi antara logam dengan oksigen yang menimbulkan lapisan kecokelatan di perlukaan logam. Kedua hal ini sangat lumrah terjadi pada AC yang sudah mulai tua.

Kompresor yang belum pernah diganti selama 5 hingga 10 tahun mengalami masalah yang sama, yaitu aus dan karat. Komponen yang aus ditandai dengan AC tidak dingin, lemah, dan tekanan pada kompresor mengalami kesenjangan antara pipa tekan dan pipa isap.

Sedangkan karat bisa berakibat pada bocornya saluran pada AC. Hal ini akan berakibat pada merembesnya freon serta oli. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan penggantian komponen.

Tips Merawat Kompresor AC Rumah Agar Tak Mudah Rusak

Ingin AC tidak mudah rusak? Sebaiknya Anda malukan perawatan rutin. Langkah yang perlu dilakukan juga tidak terlalu rumit.

Periksa kondensor AC yang terletak di luar rumah, minimal sekali dalam satu bulan. Bersihkan benda tersebut dari ranting, daun, sarang burung, dan benda lain yang berpotensi mengganggu kinerjanya.

Biarkan perangkat outdoor AC Anda dalam keadaan terbuka dan jangan menutupinya dengan apa pun. Proses pertukaran udara bisa terganggu bila ada yang menghalangi lubang kipas. Risiko paling buruk yang bisa terjadi adalah overheat yang dapat membuat kompresor mati total.

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap freon atau refrigeran. Pastikan cairan ini masih tersedia dalam jumlah yang normal. Jangan biarkan hingga mengering karena akan mengakibatkan beberapa hal seperti:

  • Ruangan tak kunjung dingin padahal AC sudah menyala
  • Membengkaknya biaya listrik
  • Pada gulungan pendingin terdapat butiran es
  • AC mengeluarkan suara berisik atau suara aneh yang tidak seperti biasanya.

Kompresor pada AC merupakan hal yang paling penting. Sebaiknya Anda rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik. Jika AC split di rumah Anda mengalami gangguan, segera hubungi Berkah Indah AC untuk keperluan perbaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.