Pengertian dan Jenis-jenis Komponen Elektronika

Dalam pengenalan komponen elektronik, jenis komponen elektronik, fungsi komponen elektronik dan simbol yang digunakan dalam komponen elektronik akan dibahas.

Komponen elektronik adalah perangkat dalam bentuk benda yang mendukung serangkaian peralatan elektronik yang bekerja sesuai dengan fungsinya. Keduanya terhubung langsung ke CCB, PCB, Veroboard, dan Protoboard atau jenis papan sirkuit lainnya, atau yang tidak menempel langsung ke papan sirkuit, seperti kabel.

Secara umum, komponen elektronik dapat dibagi menjadi 2 jenis tergantung pada fungsi pekerjaan mereka, yaitu komponen elektronik pasif dan komponen elektronik aktif.

Komponen pasif adalah komponen elektronik yang dapat beroperasi tanpa perlu arus tambahan atau tegangan listrik saat bekerja. Contoh komponen pasif adalah resistor, kapasitor, induktor dan transformator atau transformator.

Komponen aktif adalah komponen elektronik yang memerlukan arus atau voltase internal (sumber tambahan) agar berfungsi. Komponen aktif ini dapat memperkuat dan mengarahkan arus listrik, komponen aktif juga dapat mengubah bentuk energi pada energi lain. Contoh komponen aktif adalah dioda, transistor, sirkuit terpadu (integrated circuits).

Resistor

Resistor adalah komponen dasar elektronik pasif yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Sesuai namanya, resistor bersifat resistif dan biasanya terbuat dari karbon.

Satuan resistansi atau nilai resistansi adalah Ohm (Ω). Nilai resistansi biasanya diwakili oleh kode numerik atau gelang berwarna yang terdapat di badan resistansi. Perlawanan resistensi sering disebut sebagai Perlawanan atau Perlawanan.

Pertimbangkan jenis resistor komponen elektronik berikut yang dilengkapi dengan simbol dan fungsi.

Kapasitor

Kapasitor berbeda dari akumulator dalam penyimpanan muatan listrik, terutama tidak ada perubahan kimia dalam bahan kapasitor, jumlah kapasitansi kapasitor ditunjukkan dalam Farad (F).

Kondensor

Fungsi kondensor termasuk pemilihan gelombang radio di sirkuit tuner, sebagai penyearah dalam penyearah dan juga sebagai filter dalam rangkaian catu daya.

Pertimbangkan resistor kapasitor komponen elektronik berikut yang dilengkapi dengan simbol dan fungsi

Pertimbangkan jenis kapasitor komponen elektronik berikut yang dilengkapi dengan gambar

Induktor

Induktor atau disebut juga koil (coil) adalah komponen elektronik pasif yang berguna untuk mengatur frekuensi, penyaringan dan juga sebagai perangkat kopling (konektor). Induktor atau koil ditemukan di peralatan elektronik atau sirkuit yang terkait dengan frekuensi seperti penyetel radio.

Di sirkuit DC, induktor digunakan untuk mendapatkan tegangan DC yang konstan terhadap fluktuasi arus, sementara di sirkuit AC induktor dapat mengurangi fluktuasi arus yang tidak diinginkan. Unit induktansi untuk induktor adalah Henry (H).

Secara umum, komponen elektronik induktor dibagi menjadi induktor tetap dan induktor variabel (variabel coil)

Pertimbangkan jenis induktor komponen elektronik berikut yang dilengkapi dengan gambar dan simbol

Dioda

Dioda atau dioda adalah komponen elektronik aktif yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dalam satu arah, tetapi juga dapat menghambat arus listrik dari arah yang berlawanan.

Diode adalah komponen elektronik semikonduktor yang memiliki 1 persimpangan, sering disebut komponen 2-lapisan (lapisan N dan P).

Berdasarkan fungsi dioda terdiri dari beberapa jenis yang meliputi:

Dioda biasa atau dioda penyearah yang umumnya terbuat dari bahan silikon atau germanium dan berfungsi sebagai penyearah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Dioda Schottky (SCR atau silikon kontrol rectifier) ​​adalah dioda yang berfungsi sebagai pengontrol. Baca juga: Gerbang Logika

Zener Diode (Zener Diode) yang berfungsi sebagai sirkuit pengaman setelah voltase ditentukan oleh Zener Diode yang dimaksud. Tegangan ini sering disebut tegangan Zener.

Diode laser (Diode Laser) adalah dioda yang dapat memancarkan sinar laser. Dioda laser sering disingkat LD

Fotodioda (dioda) adalah foto dioda yang peka terhadap cahaya, sehingga sering juga digunakan sebagai sensor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.