Komponen Penting Pada Report Text Dalam Bahasa Inggris

Dalam pembelajaran bahasa inggris kita tidak hanya dikenalkan dengan vocab atau kosa kata yang dipakai dalam bahasa inggris. Memang vocab bahasa inggris merupakan dasar dari bisa atau tidaknya kita dalam berbahasa inggris mengingat vocab juga merupakan komponen dari suatu bahasa. Lebih dari sekedar belajar mengenai vocab, dalam bahasa inggris ada banyak hal yang harus dipelajari.

Umumnya hal yang harus dipelajari dalam bahasa inggris diantaranya adalah seperti speaking, grammar, pronounciation, text, vocab, dan lain sebagainya. Salah satu bidang yang dipelajari dalam bahasa inggris yakni text atau istilahnya ragam jenis paragraph.

Kalimat Terbaik

Image Source: bp.blogspot.com

Dalam bahasa Indonesia kita mengenal juga berbagai jenis paragraph. Ada paragraph deduktif, induktif, dan campuran. Sama halnya dengan dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa inggris kita juga akan mengenal beberapa jenis paragraph. Seperti salah satu contohnya adalah report text atau text report.

Report text atau yang biasa disebut text report merupakan salah satu jenis paragraph dalam bahasa inggris yang dibuat dengan tujuan untuk melaporkan informasi tentang suatu objek yang ada dalam bacaan text tersebut.

Karena tujuan dari text report ini sama dengan descriptive text maka tak heran jika text report ini masuk ke dalam kategori descriptive text. Hanya ada tentu ada beberapa perbedaan dari kedua jenis paragraph ini. text report akan menyuguhkan text yang menjelaskan tentang hal yang fakta atau secara umum lebih bersifat ilmiah sesuai dengan penelitian yang ada.

Sedangkan untuk descriptive text mungkin akan lebih mengarah pada informasi deskripsi yang lebih spesifik atau bersifat khusus. Ciri lain dari text report ini adalah dalam setiap kalimatnya text ini menggunakan tenses simple present.

Selain itu biasanya judul yang diangkat untuk jenis text ini adalah lebih umum dan ilmiah. Nah untuk membuat text report ada dua stuctur atau komponen yang harus anda perhatikan. Dua komponen tersebut yang akan membantu anda untuk membuat text report yang sesuai dengan kaidah dan ketentuannya. Diantaranya adalah :

  1. Klasifikasi umum atau general classification. Pada bagian komponen yang satu ini text harus berisi penjelasan umum mengenai objek yang dibicarakan dalam text tersebut. Penjelasan umum yang dijelaskan biasanya juga menggunakan penjabaran yang bersifat ilmiah.
  2. Komponen deskripsi. Pada bagian ini menjadi bagian inti dari paragraph yang mana dalam komponen ini text akan menjabarkan lebih detail mengenai objek yang sedang dibicarakan dalam paragraph. Penjabarannya biasanya dilengkapi dengan fenomena umum yang terjadi dari objek yang dibicarakan dan tentu saja berisi teks factual yang sesuai dengan penelitian ilmiah yang ada.

Report text ini akan sangat sering anda temukan pada soal reading dalam bidang toefl bahasa inggris. Hal ini karena text yang disajikan merupakan text umum dan ilmiah.

Untuk membuat text report anda hanya perlu menyesuaikan dengan komponen yang telah dijelaskan di atas yakni adanya klasifikasi umumnya terdahulu untuk memperkenalkan objek secara umum kemudian baru membuat deskripsi yang lebih detail dan secara factual sesuai dengan fenomena yang telah ada dari objek tersebut.

Mudah bukan? Satu hal yang harus anda ingat adalah penggunaan tensesnya. Banyak orang yang susah mengenali text report karena tidak memperhatikan tenses dari text tersebut. karena jenis ini merupakan text yang umum dan ilmiah maka sudah tentu text ini menggunakan tenses simple present.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.