Seputar Tekanan Darah Tinggi

Daging Kambing Aqiqah Lampung katanya bisa menyebabkan hipertensi? benarkah? simak dlu yuk Apa itu hipertensi (darah tinggi). Tekanan darah tinggi tekanan darah tinggi, juga disebut hipertensi, adalah kondisi medis dimana tekanan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Ini karena jantung harus bekerja lebih lama dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah seluruh tubuh.

Banyak sekali seseorang yang tidak mengetahui apa gejala yang muncul ketika tekanan darah tinggi, kebanyakan dari mereka yang memiliki tekanan darah tinggi tidak begitu sadar dengan gejala-gejala yang dialami, meski tingkat tekanan darah sudah mencapai tingkat tinggi.

Tapi tetap masih ada beberapa orang yang tekanan darah tinggi mereka masih bisa dirasakan, misal merasa sakit kepala, pusing atau mimisan, tanda dan gejala biasanya muncul saat tekanan darah parah, bahkan sampai tahap mematikan.

Karena itu cek tekanan darah Anda (tension) secara teratur: Untuk usia 18 tahun atau lebih cek setiap dua tahun. Secara umum, anak-anak berusia 3 tahun ke atas memiliki tekanan darah mereka yang diambil sebagai bagian dari pemeriksaan tahunan.

Untuk komentar kepada mereka yang telah terdeteksi memiliki pemeriksaan tekanan darah tinggi akan lebih sering sesuai dengan petunjuk dokter yang merawatnya.

Gejala Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi Primer: Adalah jenis hipertensi yang paling umum untuk orang dewasa, yang disebut primer atau idiopatik karena penyebabnya tidak diketahui dan jenis hipertensi ini cenderung terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun.

Hipertensi Sekunder: Timbul karena adanya tekanan darah tinggi karena suatu kondisi penyakit yang mendasarinya.

Hipertensi Sekunder: Cenderung muncul secara tiba-tiba dan memicu tekanan darah tinggi. Berikut ini adalah beberapa kondisi dan obat apa saja yang dapat menyebabkan hipertensi sekunder termasuk:

  • Penyakit kelenjar tumor adrenal
  • Penyakit ginjal
  • Cacat pembuluh darah tertentu sejak lahir (bawaan)
  • Obat terlarang, misalnya amfetamin dan kokain
  • Obat tertentu, misal pil KB, dekongestan, obat flu, penghilang rasa sakit dan resep obat lainnya

Pengobatan dan Pencegahan Hipertensi

Pernahkah Anda mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi). Kondisi seperti ini adalah tanda-tanda kesehatan tubuh yang sedang memburuk.

Dalam keadaan ini kita bisa sangatlah berisiko terkena hipertensi atau pra-hipertensi jika tekanan darah kita lebih dari 120/80. Kita barulah dikatakan memiliki hipertensi jika tekanan darah menjadi 140/90 atau lebih.

Kondisi ini sebenarnya sangat mengancam nyawa kita, kenapa? karena kejadian ini seringkali tidak menunjukkan gejala-gejalanya, bahkan masih begitu banyak orang yang tidak tahu dan ingin tahu, apakah mereka mengalami hipertensi.

Hipertensi yang tidak ditangani dengan segera, di khawatirkan bisa mengundang penyakit mematikan, misal seperti serangan jantung, stroke, dan penglihatan mata kita, hingga menggrogoti dan merusak secara perlahan organ lain misal seperti ginjal.

Beberapa orang berisiko terkena hipertensi, mereka adalah orang yang suka merokok, kelebihan berat badan, dan rata-rata menyerang orang pada usia 55 tahun ke atas.

Bagi mereka para pecandu alkohol, pengkomsumsi potassium dan makanan asin, magnesium rendah kalsium dan orang yang jarang berolahraga ini juga sangat berbahaya.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki anggota keluarga yang menderita hipertensi, diabetes atau penyakit jantung, seseorang itu malah mempunyai risiko yang besar.

Kondisi hipotensi ini juga dapat terjadi ketika tekanan darah normal kita turun hingga mencapai 90/60. Umumnya tekanan darah akan turun, walau kronis sekalipun. Ketika penderita mengalami gejala seperti pusing, mual, haus, lelah, penglihatan buram, tertekan, pingsan kurang konsentrasi.

Walaupun masih belum berbahaya, tekanan darah yang terlalu rendah, malah akan memicu kerusakan pada jantung dan otak. Berikut ini beberapa hal yang bisa memicu terjadinya hipotensi:

  • Kehamilan
  • Dehidrasi
  • Anemia
  • Konsumsi berlebihan alkohol
  • Ketidakseimbangan hormon seperti penyakit Addison
  • Menderita alergi atau infeksi berat
  • Rugi banyak darah
  • Gangguan jantung
  • Penggunaan obat tertentu, seperti Parkinson, Viagra dan sejenisnya, anti depresan, dan beberapa obat yang secara langsung mempengaruhi otot pembuluh darah

Demikian beberapa uraian singkat gejala, definisi, dan penyebab lain tekanan darah tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.