Trik Anti Bokek, Berhemat Untuk Hari Tua

Sebanyak apapun gajimu pasti cepat habis jika kamu tak cermat dalam mengelola pengeluaran. Menabung duit pada saat muda itu perlu loh untuk menyiapkan masa tua nanti. Mungkin bisa saja kita perlukan di saat ada kebutuhan yang mendadak atau dapat kita pergunakan ketika sudah tidak produktif lagi. Oleh sebab itu menyisihkan dana untuk ditabung itu sangat disarankan. Untuk mengawali memang nggak mudah akan tetapi jika kita mampu memulai dari hal – hal kecil niscaya akan terbiasa.

Di bawah ini enam trik supaya kamu bisa berhemat, tapi masih bisa main dengan sahabatmu, simak yaa:

Ketika gajian sisakan uang untuk ditabung

Upayakan setiap bulan kamu kudu menyimpan berapa persen dari pendapatanmu.

“Membeli segala yang kamu inginkan terlebih dulu, baru sisanya ditabung” ini adalah cara yang keliru. Stop ini ya…

Sebab prinsip itu terbalik, bagusnya kamu menyimpan terlebih dahulu lalu sisanya dapat kamu belikan barang yang kamu inginkan. Ingat ya .. jangan mengutamakan sesuatu yang kamu kehendaki. Kamu boleh membelinya menggunakan duit tabunganmu nanti bila sudah mencukupi.

Mencatat pengeluaran bulanan

Sebaik apapun kita memenej keuangan seringkali masih bisa bocor, hal itu bisa saja karena kita membeli barang yang tak begitu dibutuhkan atau malah tak penting.

Kamu kudu mengaudit pengeluaran bulan ini dengan cara mencatat semua pengeluaran. Kamu bisa amati dengan cermat buat apa saja uangmu dikeluarkan, untuk kebutuhan atau hanya sekedar gaya hidup semu.
Kamu pun kudu memisahkan antara duit tabunganmu dengan dana yang akan kamu pakai untuk keperluan selama sebulan misal: makanan pokok, tagihan listrik, PDAM, pulsa, internet, SPP anak sekolah dan lain sebagainya.

Lalu kamu dapat mengevaluasi di bulan depannya, agar kamu bisa lebih berhemat lagi.

Masak Sendiri

Breakfast di luar? makan malam di luar ?? Nggak musti setiap hari kan.
Karena rata-rata masyarakat di negara kita makan tiga kali, kalau semuanya makan di luar akan banyak menguras pendapatan bulananmu.

Masak di rumah nggak berarti nggak bisa makan yang lezat loh! Kamu dapat memasak sarapan roti bakar dengan isi telur serta sayur sambil minum segelas kopi. Makan malam kamu dapat masak kare, ayam panggang dan seterusnya.

Semua itu akan jauh lebih hemat daripada makan di warung, selain itu masak sendiri juga akan lebih bersih & higienis. Sebab kamu bisa mengontrol pemakaian micin atau pewarna berbahaya, menggumakan gula murni tanpa pemanis, dan tentunya lebih mengutamakan kebersihan.

Mencari pemasukan sampingan ( lembur )

Mau beli ini itu? Pengen banyak nongkrong bareng teman-teman ??
Selow saja, kamu dapat tetap ngumpul ngopi ke angkringan ataupun jajan sore selepas kerja tanpa mengambil upah utama kerjamu. Proses awalnya kamu kudu membuat catatan anggaran belanjamu.

Kalau masih kurang uang jajanmu, kamu bisa mencari pendapatan tambahan misal: jualan online, menulis blog berbayar, youtuber, jualan pulsa dll.

Investasi

Investasi harus dilakukan supaya duitmu bergerak dan nggak tergerus oleh inflasi. Akan tetapi kamu jangan berharap duitmu jadi berlipat ganda hanya dalam jarak satu bulan atau setahun ya.

Investasi tak selalu tentang duit, kamu juga bisa belanja suatu barang yang akan menghasilkan nilai tambah setiap tahunnya. Investasi duit bisa dicoba dengan nominal yang kecil.

Konsisten

Kamu bisa itu karena terbiasa, segalanya bisa menjadi nggak guna kalau kamu tak ingin konsisten di dalamnya. Memang segalanya tiada yang gampang, namun kamu bisa memulai dari sesuatu yang paling sederhana terlebih ďulu, sedikit-sedikit ya..

Andaikan kamu tidak dapat masak setiap hari, kamu dapat memasak satu minggu satu kali jika sudah terbiasa kamu bisa masak seminggu 2 kali dst. Pelan-pelan, pasti kamu bisa.

Hemat itu belum tentu dompet kering ya, tapi bisa menabung dan kebutuhan lain tercukupi. Hemat itu nggak berarti bokek, kemudian kamu Cuma pengen ketika teman-temanmu nongkrong di warung.

Jadilah orang yang dapat mengelola keuangan, bukan diatur oleh uang. Jangan sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.