Menginspirasi, Inilah Pesona Biografi William Mc. Kinley 

Amerika Serikat termasuk negara maju yang berhasil mengelola sistem pemerintahannya. Salah satu pemimpin yang juga ikut andil dalam keberhasilan tersebut adalah William Mc. Kinley. Jejak perjalanannya terangkum dalam biografi William Mc. Kinley yang bisa diambil nilai positifnya.

Mengambil nilai positif dari biografi tentunya dapat memberikan pembelajaran. Apalagi jika ditujukan untuk para remaja yang sedang menemukan jati diri. Perjalanan hidup dari mantan presiden ini akan membawa kita pada sebuah inspirasi.

Kelahiran William Mc. Kinley

Image Source: millercenter.org

William Mc Kinley merupakan Presiden Amerika Serikat ke-25 yang lahir pada tanggal 29 Januari 1843. Lokasinya di Niles, Ohio. Ia merupakan anak ketujuh dari Sembilan bersaudara.

Ayahnya bernama William Mc. Kinley Sr. yang berprofesi sebagai manajer tungku arang dan pendiri besi skala kecil. Sementara itu, ibunya bernama Nancy Allison Mc. Kinley. Mantan presiden ini memiliki beberapa hobi, seperti memancing, mengendarai kuda, dan berenang.

Pendidikan William Mc. Kinley

Pada tahun 1859, William Mc. Kinley lulus dari SMA, kemudian bergabung dengan Allegheny College di Meadville, Pennsylvania. Ia hanya bertahan satu tahun di sana karena kondisi kesehatannya yang kurang baik dan terpaksa kembali ke rumah.

Masalah ekonomi yang dihadapi keluarga menjadikan ia tak memiliki kesempatan untuk kembali berkuliah. Pesona dari biografi William Mc. Kinley bisa dilihat dari kegigihannya. Ia berusaha menambah penghasilan keluarganya dengan bekerja. Mula-mula, ia berprofesi sebagai pegawai pos, kemudian beralih menjadi guru sekolah.

  1. Karir William Mc. Kinley

Pesona biografi Mc. Kinley juga bisa dilihat ketika terjadi perang saudara Amerika pada tahun 1861. Ia menjadi tentara dan berperang di Virginia Barat ketika berusia 18 tahun. Berkat jasanya tersebut, ia dilantik menjadi Letnan Dua.

William Mc. Kinley mendirikan praktik hukum ketika berumur 24 tahun. Saat usianya mencapai 34 tahun, tepatnya pada tahun 1877, ia menjadi anggota Dewan Perwakilan AS yang bekerja selama 14 tahun. Setelah itu, ia menjadi gubernur selama dua periode.

Pada tahun 1896, ia memenangkan pemilihan presiden ketika berhadapan dengan William Jennings Bryan. Visi dalam pencalonannya adalah mengembalikan kejayaan Amerika setelah mengalami krisis ekonomi. Ia kemudian dilantik sebagai presiden pada 4 Maret 1987.

William McKinley mencalonkan diri menjadi presiden kembali pada tahun 1900 dengan lawan yang sama. Kali ini pemerolehan kemenangannya lebih besar jika dibandingkan empat tahun sebelumnya. Pelantikannya sebagai presiden untuk masa jabatan keduanya dilaksanakan 4 Maret 1901

Keluarga William Mc. Kinley

Mantan presiden ini menikah dengan Ida Saxton Mc. Kinley pada tahun 1871. Ia dikaruniai dua orang anak perempuan. Namanya Ida Mc Kinley dan Katherine Mc. Kinley.

Sayangnya, kedua anaknya meninggal ketika masih kecil. Istri Mc. Kinley sangat terpukul dan kesehatannya kurang membaik, tetapi mantan presiden ini tetap setia dan berusaha merawatnya. Pesona dari biografi William Mc. Kinley dari segi keluarga adalah kepedulian serta tanggung jawabnya.

Kontribusi Mc. Kinley untuk Bangsa Amerika

Selama menjadi presiden, William Mc. Kinley masuk sebagai anggota partai Republik. Ia dipercaya telah membawa kemajuan ekonomi yang cepat di Amerika selama masa jabatannya. Selain itu, ada beberapa bentuk kontribusi yang membuat namanya dikenal masyarakat.

  1. Mempromosikan tarif Dingley untuk melindungi produsen Amerika dan pekerja pabrik dari persaingan asing
  2. Memberlakukan Undang-Undang Standar Emas.

Itulah beberapa nilai positif dari biografi William Mc. Kinley yang bisa dijadikan inspirasi. Semoga bisa menjadi pedoman hidup bagi Anda untuk lebih semangat memperbaiki diri dan menjadi pemimpin yang berkualitas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.